Bantu Klik Iklan dibawah ini yaah...*blogger matre..hehe

Monday, March 15, 2010

Bahan LaporanStudy Tour Pabrik Kratingdaeng di Sukabumi

. Monday, March 15, 2010




Sejarah Kratingdaeng



Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP), adalah komitmen perusahaan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama para pihak yang terkait, utamanya masyarakat disekelilingnya dan lingkungan sosial dimana perusahaan tersebut berada, yang dilakukan terpadu dengan kegiatan usahanya secara berkelanjutan. Setelah kita telusuri mengenai tindakan-tindakan corporate social responsibility yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, saya mengambil contoh PT AHEB (Asian Health Energy Beverages) untuk dijadikan sebagai bahan dari makalah ini. PT AHEB yang memperoduksi minuman berenergi. Minuman berenergi ini bermerek kratingdaeng.
Kratingdaeng ini berdiri tahun 1996 dan mulai beroperasi atau di komersialkan pada November 1997.Pabrik yang berlokasi di Jl. Pondokan no 48 Desa Babakan Pari, kecamatan Cicurug Sukabumi telah menorah banyak penghargaan baik local maupun internasional.
Saya memiliki banyak alas an mengapa saya memilih PT kratingdaeng ini untuk dijadikan bahan makalah ini. Beberapa alasan saya memilih PT kratingdaeng karena kratingdaeng memiliki beberapa pengakuan dari banyak pihak antara lain:1.ISO 9001: 2000, untuk system managemen mutu.2.HACCP: 2002, untuk system managemen keamanan pangan.3.ISO 14001: 2004, untuk system managemen lingkungan.4.OHSAS 18001: 1999, untuk system managemen kesehatan dan keselamatan kerja.
Dari komitmen yang ditetapkan diatas, kita dapat melihat kepedulian Kratingdaeng kepada konsumen, karyawan dan lingkungan sekitar.


Strategi Pengembangan



Visi PT. AHEB:
”Menjadi industry manufaktur minuman energy dan minuman kesehatan berstandar mutu internasional yang mampu memulihkan stamina serta menjaga kesehatan bagi masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya”

Misi PT AHEB :Perusahaan berkomitmen memproduksi minuman energy dan minuman kesehatan dengan menggunakan :· Mesin-mesin berteknologi tinggi.· SDM yang berkompeten dengan etos kerja yang tinggi.· Bahan baku dan bahan pembungkus dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan pemberi lisensi.· Sistem manajemen terintregrasi:o System manajemen mutu.o System managemen lingkungan.o System managemen keamanan pangan.o System managemen keselamatan dan kesehatan kerja.
Bahan BakuSebagai perusahaan yang namanya sudah sangat baik di Indonesia dan di dunia, Kratingdeng memberikan bahan baku yang baik kepada konsumen mereka. Contoh bahan baku:

1. Kafeino memberi stimulant pada system jaringan syaraf agar tetap terjaga dan meningkatkan kesadaran serta konsentrasi.2. Taurineo Mengaktifkan dan memperbaiki fungsi jantungo Berperan dalam pengembangan fungsi otak.o Membantu pengeluaran enzim dalam pencernaan lemak di dalam tubuh.3. Inositol.o mengatur aktifitas enzim dalam tubuh.o Meningkatkan jaringan kerja pada syaraf.4. Nichotanamide/ vitamin B3.o Merupakan komponen ko enzim dalam tubuh yang berfungsi mengubah gula dan lemak menjadi energy.5. Pyridoxine Hcl (vit B6).o Untuk membantu metabolisme asam amino dan asam lemak.o Membantu pertumbuhan jaringan.6. Dexpanthenol.o di dalam tubuh menjadi komponen ko enzim yang berfungsi dalam metabolisme energy, protein, dan lemak.7. Cyanocobalamin (vitamin b12)o Membantu pembentukan sel darah meraho Memperbaiki system syaraf.o Membantu pertumbuhan jaringan.8. Sugar (gula murni)o merupakan sumber karbohidrat yang mudah diserap dan di olah dalam tubuh menjadi energy.9. Air baku.o Berasal dari mata air pegunungan dengan mutu yang terbaik. air tersebut diolah menjadi air mineral untuk menjaga stabilitas larutan Kratingdaeng.
Dari bahan baku di atas, kita dapat melihat kekonsistenan PT AHEB untuk mempertahankan kualitas mereka sebagai minuman berenergi yang enak rasanya, menyehatkan tubuh dan memulihkan stamina yang loyo.

Bahan Pembungkus Primer
Untuk bahan-bahan pada produk Kraetingdeng, PT AHEB menggunakan prosedur yang sangat baik. Kita bisa melihat dari bahan-bahan pembungkus dalamnya seperti :Ø Botol. Terbuat dari kaca (bukan dari plastik) karena dapat mencegah terjadinya kontaminasi dan menjamin botol tetap higienis. Selain itu, botol tersebut adalah 100% botol baru dan bukan daur ulang.Ø Cap / tutup botol. Menggunakan teknologi tutup berstandar internasional. Tutup botol ini menjamin bahan baku di dalamnya terjaga dengan aman dan tidak terkontaminasi dengan udara luar. Selain itu, tutup botol ini membantu mengunci diri sehingga produk dalam kemasan dijamin sesuai dengan tanggal kadarluasa.Setelah diproses, minuman ini di uji barisan laboratorium dan control mutu dengan staff yang kompeten dan modern.Contoh alat-alat dalam setiap minuman Kratingdaeng ini :
1. HPLC.
2. UV- SPEKTROFOTOMETER.
3. pH Meter Digital.
4. Pengujian di Lab Fisika dan Mikrobiologi.
Manfaat dari minuman KratingdaengSesuai dengan motto Kratindaeng “Memulihkan Stamina yang Loyo.” Maka satu botol Kratingdaeng 150 ML mengandung 100 kilo kalori. Amat bermanfaat bagi mereka yang melakukan aktifitas fisik dan pikiran. Mengapa Kratingdaeng dipilih oleh Masyarakat? Alasannya adalah:v Kualitas yang sangat baik untuk rasa, aroma, warna dan kasiat.v Di dukung oleh pemasaran yang terarah serta distribusi yang merata.

Pengembangan Produk


PT Aheb telah melakukan beberapa corporate social responsibility diantaranya :
v Konsumen/pelanggan PT AHEB bertanggung jawab pada masyarakat dengan cara meningkatkan mutu pengawasan, kelayakan minuman dan juga pengecekan produk berkali-kali sebelum dipasarkan. Selain itu, PT AHEB menggunakan bahan-bahan dari alam seperti gula murni dan air dari mata air pegunungan dengan mutu yang terbaik. Untuk menjaga mutu produk, PT AHEB selalu mengambil sample setiap lot dalam proses produksi. PT AHEB juga menyediakan layanan pengaduan/ keluhan untuk masyarakat.v Karyawan/pegawai PT AHEB memperlakukan semua pegawai dengan baik, hal ini dibuktikan dengan penghargaan OHSAS 18001 tahun 1999 dalam hal system anajemen keselamatan dan kesehatan pekerja. Hal ini membuktikan bahwa PT AHEB amat memperhatikan kesehatan, keselamatan dan kualitas hidup para karyawannya.v Investor PT AHEB merupakan perusahaan patungan Thailand dan Indonesia. Tanggung jawab pada investor dibuktikan dengan adanya manajemen yang baik sehingga PT AHEB dapat terus menghasilkan laba. PT AHEB merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menerapkan 4 sistem manejemen berkualitas internasional secara terintregarasi, hal ini dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan yang telah di terima. v Lingkungan, Selain menciptakan produk berkualitas baik, PT AHEB juga memiliki unit pengolahan limbah cair. Unit pengolahan limbah cair ini menggunakan system biologis yaitu mensterilkan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya menggunakan bakteri anaerob dan bakteri aerob agar dapat di buang di sungai. Terdapat dua tangki besar untuk mengolah limbah-limbah tersebut yaitu tangki anaerob dan tangki aerob. Hasil pengolahan limbah cair lainnya adalah Lumpur yang dapat diubah jadi pupuk dengan menggunakan tangki sedimentasi dan ditambah dengan zat-zat kimia lainnya.


Komponen Sifo


SDM
Para pakar : system analis, pembuat software
Pemakai akhir : pemasok, manajer pemasaran, manajer HRD, dan staf lainnya
SDH
Mesin : computer, monitor video, disk drive, dan lain-lain
Media : floppy disk, disk optical, dll
SDS
Program : program system operasi, dll
Prosedur : prosedur entry data, prosedur pendistribusian, dll
SDD
Deskripsi produk, catatan pelanggan, file kepegawaian, database persediaan
SDJ
Media komunikasi, pemroses komunikasi, internet dan pengendalian jaringan


Sasaran Konsumen


Sasarannya antara lain adalah pasar, Pusat kebugaran, warung, kantin, kaki lima, toko kelontong, lapangan golf. Kratingdaeng saat ini berhasil menguasai jaringan (hotel, restoran, kafe) salah satu pasar terbesar untuk kategori ini. Pria dan wanita. Berusia remaja sampai dewasa. Atlet, eksekutif, pelajar, yang menghendaki stamina prima. Banyak bertempat tinggal di daerah urban dan sub urban. Berpola pikir dinamis dan energik.


Strategi Menghadapi Persaingan



PROMOSI
Pemasar menginginkan mereknya selalu tertancap di benak konsumen . kalau bisa mereknya menjadi yang pertama kali diingat konsumen (top of mind). Suatu merek yang sukses hendaknya memiliki positioning yang jelas. Bagaimana konsumen mempresepsikan atau mengartikan suatu merek dibanding pesaing di dalam benaknya, itulah makna positioning.
PERIKLANAN
Periklanan menjadi salah satu hal yang penting dalam proses mambangun merek / branding. Mengkonsumsi secara berulang (repeat buying) adalah salah satu tujuan dalam pemasaran. Periklanan yang efektif akan mengubah pengetahuan public mengenai ketersediaan dan karakteristik sebuah produk (product knowledge).
Hubungan iklan dengan pemasaran iklan seharusnya mengkomunikasikan kelebihan dan perbedaan dari suatu brand. Dan bahwa pemasaran adalah sebuah ilmu yang membuat positioning produk sesuai dengan kancah kompetisi.
Periklanan adalah permainan kalah atau kalah. Jika slogan tanpa arti, itu tidak membantu mereknya. Seperti slogan kratingdaeng “ mengembalikan stamina yang loyo’’ yang merupakan tag line yang bisa diterima konsumen.


Prospek ke depan



Kratingdaeng akan lebih berjaya lagi dimasa depan karena selalu melakukan inovasi yang membanggakan.

Interface



Tampilan navigasinya mudah dan aminatif.


Anak kelas 11 SMA ReCis yang make nih laporan

MESTI

nulis nih blog sebagai sumber yaa..!!
by: Michael E Randall, IPA 4



DAFTAR PUSTAKA



http://www.gogle.com/
http://www.wikimu.com/
http://www.wikipedia.com/

Sumber

3 comments:

branka$ said...

bagaimana dengan kasus kratingdaeng yang terjadi pada agustus 2001 mengenai perintah BPOM menarik produk kratingdaeng krn kandungannya yang tdk sesuai dengan label? bagaimana strategi pihak AHEB mengembalikan kepercayaan konsumen?

zha said...

untuk branka$:
jadi mw ikutan komen niih..
ane pernah kunjungan industri k kratingdaeng sukabumi..
dan ane baca beberapa artikel mengenai masalah ini masih aga bingung ia.. sebenernya yang dipermasalahkan itu yg berjenis red bull atau kratingdaeng ia?
soalnya seinget ane ni ia,, red bull itu nama dagang kratingdaeng di luar negeri,, n yang d indo nma dagangnya kratingdaeng.. komposisinya pun disesuaikan dengan negara pemasaran.. kalo ada yg jual red bull berarti mungkin ada "oknum" yg bawa produk tsb k indo..
kalo masalah yang kafein yg melebihi ambang batas itu sebenernya banyak kemungkinan siih.. yg belum ane tw pasti c, apakah bpom disetiap daerah pemasaran kratingdaeng d seluruh indo hasilnya sama? klu hanya satu atw dua daerah saja kemungkinan kebersihan alat yang digunakan utk menganalisis kafein tsb telah mempengaruhi..
sekian analisa ane..

Laurensia Lim said...

uji kualitasnya gimana tuh?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com